No.Soal
|
Skor
|
1.
|
20
|
2.
|
20
|
3.
|
20
|
4.
|
20
|
5.
|
20
|
Skor Ideal
|
100
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SD
Negeri 36 Pontianak Selatan
Kelas / Semester : II / I
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Jumlah Pertemuan : 1 x Pertemuan
I. Standar Kompetensi
1. Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara
kronologis.
II. Kompetensi Dasar
1.1 Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya.
III. Indikator
1.
Menjelaskan pengertian koleksi.
2.
Menyebutkan contoh koleksi benda berharga.
IV. Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan tanya
jawab bersama guru, siswa dapat menjelaskan pengertian koleksi.
2.
Setelah
mengamati media koleksi benda berharga dan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan
3 contoh koleksi benda berharga.
V. Materi Ajar
KOLEKSI BENDA BERHARGA
A.
Pengertian
Koleksi
Kalau kalian
suka kepada suatu benda, tentu akan mengumpulkannya. Benda tersebut sengaja
kamu kumpulkan. Benda koleksi tidak harus mahal. Asalkan, kamu menyukai benda
itu. Jadi, koleksi adalah benda yang sengaja dikumpulkan.
B.
Contoh Koleksi
Benda Berharga
Berikut
adalah contoh koleksi benda berharga:
1. Piala
2. Perangko
Kegiatan mengumpulkan
perangko disebut filateli.
3. Uang
kuno
4. Buku
5. Boneka
6. Mobil
mainan, dll.
Masih banyak contoh
koleksi benda berharga lainnya. Benda koleksi harus dirawat dengan baik agar
tidak mudah rusak. Benda koleksi juga dapat menjadi sumber cerita. Kamu dapat
bercerita asal-usul benda tersebut. Apa koleksi benda berharga milikmu?
VI.
Alokasi Waktu
2 x 35 Menit
VII.
Metode Pembelajaran
1.
Tanya jawab
2.
Penugasan
VIII.
Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (10
Menit)
1.
Salam
2.
Doa
3.
Mengecek kehadiran siswa
4.
Guru menyiapkan materi dan alat pembelajaran
5.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
6.
Apersepsi
“Anak-anak
minggu lalu kita sudah belajar tentang dokumen. Sebutkan contoh dokumen!
Anak-anak
apakah kalian pernah mengumpulkan benda-benda yang kalian sukai? Sebutkan!”
B. Kegiatan Inti (45
Menit)
1.
Siswa menyebutkan
pengetahuannya mengenai koleksi. (Eksplorasi)
2. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai koleksi
benda berharga. (Elaborasi)
3. Siswa bersama guru melakukan tanya jawab mengenai
pengertian koleksi. (Elaborasi)
4. Siswa dibimbing untuk menyimpulkan pengertian koleksi.
(Konfirmasi)
5. Siswa
ditugaskan mengamati media koleksi benda berharga. (Elaborasi)
6. Siswa ditugaskan maju ke depan menunjukan contoh koleksi
benda berharga. (Elaborasi)
7. Siswa bersama guru melakukan tanya jawab mengenai
koleksi benda berharga miliknya. (Elaborasi)
8. Siswa
bersama guru melakukan tanya jawab mengenai materi yang telah dipelajari.
(Konfirmasi)
9. Siswa
diberikan penguatan oleh guru berkaitan dengan materi yang telah dipelajari.
(Konfirmasi)
10.
Guru meluruskan pemahaman siswa jika ada
terjadi kesalah pemahaman terhadap materi yang dipelajari. (Konfirmasi)
C. Kegiatan Akhir (15
Menit)
1. Melakukan refleksi pembelajaran
2. Merangkum materi pembelajaran
3. Melakukan evaluasi
4. Melakukan refleksi hasil evaluasi.
5. Memberikan tindak lanjut
6. Menutup pembelajaran.
IX.
Penilaian Hasil Belajar
Jenis Penilaian : Penilaian Hasil
1.
Teknik :
Tes
2.
Jenis tes :
Tertulis
3.
Bentuk tes :
Pilihan Ganda
4.
Soal tes :
Berilah
tanda silang (x) pada huruf a, b atau c di depan jawaban yang paling benar!
1.
Benda yang
sengaja dikumpulkan disebut...
a. Koleksi
b. Dokumen
c. Tabungan
2.
Mengumpulkan
uang kuno termasuk...
a. Menabung
b. Pemeliharaan
c. Koleksi
3.
Benda yang
dapat dikoleksi yaitu...
a. Ijazah
b. Kartu pelajar
c. Boneka
4.
Yang bukan
termasuk benda koleksi adalah...
a. Perangko
b. Kartu Keluarga
c. Buku
5.
Piala
termasuk benda...
a. Koleksi
b. Murah
c. Mahal
5.
Kunci jawaban :
1.
a
2.
c
3.
c
4.
b
5.
a
6.
Pedoman Penskoran
Nilai Akhir =
00
X. Media Dan Sumber
Belajar
A.
Media
1. Piala
2. Perangko
3. Uang kuno
4. Buku
5. Boneka
6. Mobil mainan
B.
Sumber
BSNP.
2006. KTSP Ilmu Pengetahuan Sosial kelas
II SD/MI. Jakarta: Depdiknas
Nurhadi. 2008. Mengenal
Lingkungan Sekitar Ilmu Pengetahuan
Sosial Untuk Kelas II SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Depdiknas.
(Halaman 7)
Suranto, Tri Jaya. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk
SD dan MI Kelas II. Jakarta:
Pusat Perbukuan, Depdiknas. (Halaman 3-6)
Mengetahui, Pontianak, 11 Agustus 2015
Guru Pamong
Mahasiswa
Isri Arisanty, S.Pd Ira
Widyastuti
NIP. 19750806200604 2 006 NIM. F37012006