twitter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan       : SD Negeri 36 Pontianak Selatan
Kelas / Semester           : II / I
Mata Pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Jumlah Pertemuan       : 1 x Pertemuan

I.       Standar Kompetensi
1. Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
II.    Kompetensi Dasar
1.1 Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya.
III. Indikator
1.        Menjelaskan pengertian koleksi.
2.        Menyebutkan contoh koleksi benda berharga.
IV. Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan tanya jawab bersama guru, siswa dapat menjelaskan pengertian koleksi.
2.        Setelah mengamati media koleksi benda berharga dan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan 3 contoh koleksi benda berharga.
V.  Materi Ajar
KOLEKSI BENDA BERHARGA
A.      Pengertian Koleksi
     Kalau kalian suka kepada suatu benda, tentu akan mengumpulkannya. Benda tersebut sengaja kamu kumpulkan. Benda koleksi tidak harus mahal. Asalkan, kamu menyukai benda itu. Jadi, koleksi adalah benda yang sengaja dikumpulkan.

B.       Contoh Koleksi Benda Berharga
     Berikut adalah contoh koleksi benda berharga:
1.    Piala
2.    Perangko
Kegiatan mengumpulkan perangko disebut filateli.
3.    Uang kuno
4.    Buku
5.    Boneka
6.    Mobil mainan, dll.
Masih banyak contoh koleksi benda berharga lainnya. Benda koleksi harus dirawat dengan baik agar tidak mudah rusak. Benda koleksi juga dapat menjadi sumber cerita. Kamu dapat bercerita asal-usul benda tersebut. Apa koleksi benda berharga milikmu?
VI.      Alokasi Waktu
2 x 35 Menit
VII.   Metode Pembelajaran
1.      Tanya jawab
2.      Penugasan
VIII.    Kegiatan Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal (10 Menit)
1.    Salam
2.    Doa
3.    Mengecek kehadiran siswa
4.    Guru menyiapkan materi dan alat pembelajaran
5.    Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
6.    Apersepsi
“Anak-anak minggu lalu kita sudah belajar tentang dokumen. Sebutkan contoh dokumen!
Anak-anak apakah kalian pernah mengumpulkan benda-benda yang kalian sukai? Sebutkan!”
B.     Kegiatan Inti (45 Menit)
1.    Siswa menyebutkan pengetahuannya mengenai koleksi. (Eksplorasi)
2.    Siswa menyimak penjelasan guru mengenai koleksi benda berharga. (Elaborasi)
3.    Siswa bersama guru melakukan tanya jawab mengenai pengertian koleksi. (Elaborasi)
4.    Siswa dibimbing untuk menyimpulkan pengertian koleksi. (Konfirmasi)
5.    Siswa ditugaskan mengamati media koleksi benda berharga. (Elaborasi)
6.    Siswa ditugaskan maju ke depan menunjukan contoh koleksi benda berharga. (Elaborasi)
7.    Siswa bersama guru melakukan tanya jawab mengenai koleksi benda berharga miliknya. (Elaborasi)
8.    Siswa bersama guru melakukan tanya jawab mengenai materi yang telah dipelajari. (Konfirmasi)
9.    Siswa diberikan penguatan oleh guru berkaitan dengan materi yang telah dipelajari. (Konfirmasi)
10.    Guru meluruskan pemahaman siswa jika ada terjadi kesalah pemahaman terhadap materi yang dipelajari. (Konfirmasi)
C.    Kegiatan Akhir (15 Menit)
1.    Melakukan refleksi pembelajaran
2.    Merangkum materi pembelajaran
3.    Melakukan evaluasi
4.    Melakukan refleksi hasil evaluasi.
5.    Memberikan tindak lanjut
6.    Menutup pembelajaran.
IX.      Penilaian Hasil Belajar
Jenis Penilaian : Penilaian Hasil
1.        Teknik               : Tes
2.        Jenis tes             : Tertulis
3.        Bentuk tes         : Pilihan Ganda
4.        Soal tes              :
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b atau c di depan jawaban yang paling benar!
1.        Benda yang sengaja dikumpulkan disebut...
a.    Koleksi
b.    Dokumen
c.    Tabungan
2.        Mengumpulkan uang kuno termasuk...
a.    Menabung
b.    Pemeliharaan
c.    Koleksi
3.        Benda yang dapat dikoleksi yaitu...
a.    Ijazah
b.    Kartu pelajar
c.    Boneka

4.        Yang bukan termasuk benda koleksi adalah...
a.    Perangko
b.    Kartu Keluarga
c.    Buku
5.        Piala termasuk benda...
a.    Koleksi
b.    Murah
c.    Mahal
5.        Kunci jawaban :
1.        a
2.        c
3.        c
4.        b
5.        a
6.        Pedoman Penskoran
No.Soal
Skor
1.
20
2.
20
3.
20
4.
20
5.
20
Skor Ideal
100

Nilai Akhir  =  00
X.    Media Dan Sumber Belajar
A.  Media
1.    Piala
2.    Perangko
3.    Uang kuno
4.    Buku
5.    Boneka
6.    Mobil mainan
B.  Sumber
BSNP. 2006. KTSP Ilmu Pengetahuan Sosial kelas II SD/MI. Jakarta: Depdiknas
Nurhadi. 2008. Mengenal Lingkungan Sekitar Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Kelas II SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Depdiknas. (Halaman 7)
Suranto, Tri Jaya. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SD dan MI Kelas II. Jakarta: Pusat Perbukuan, Depdiknas. (Halaman 3-6)



Mengetahui,                                                                     Pontianak, 11 Agustus 2015
            Guru Pamong                                                                  Mahasiswa


            Isri Arisanty, S.Pd                                                                   Ira Widyastuti

            NIP. 19750806200604 2 006                                                 NIM. F37012006

0 komentar:

Posting Komentar