(Jack Canfield & Mark Victor Hansen. 2004. Chiken Soup for the Teacher’s Soul. Jakarta: Gramedia.)
1. Orang-orang sama indahnya seperti matahari terbenam jika aku bisa membiarkan
mereka jadi diri sendiri. Aku tidak mencoba mengatur matahari terbenam; aku
melihatnya penuh kekaguman, dan aku paling menyukai diriku ketika aku mengagumi
terbentangnya sebuah kehidupan. (Carl Rogers)
2. Anak-anak yang di dalam kelas
kita mutlak lebih penting daripada pelajaran yang kita ajarkan kepada mereka.
(Meladee McCarty)
3. Diberkatilah satu jiwa manusia
yang penyayang dan tulus terhadap jiwa manusia yang lain. (Gorge Eliot)
4. Salah satu tanda pendidik yang
hebat adalah kemampuan memimpin murid-murid menjelajahi tempat-tempat baru yang
bahkan belum pernah didatangi pendidiknya sendiri (Thomas Groome)
5. Aku telah mencapai sebuah
kesimpulan yang menakutkan bahwa aku adalah unsur penentu di dalam kelas.
Pendekatan pribadikulah yang menciptakan iklimnya. Suasana hatikulah yang
membuat cuacanya. Sebagai seorang guru aku memiliki kekuatan yang sangat besar
untuk membuat hidup seseorang menderita atau gembira. Aku bisa menjadi alat
penyiksa atau alat pemberi ilham. Aku bisa mempermalukan atau bercanada,
melukai atau menyembuhkan. Dalam semua situasi, reaksikulah yang menentukan
apakah sebuah krisis akan memuncak atau mereda dan apakah seseorang akan
diperlakukan sebagai manusia atau direndahkan. (Haim Ginott)
6. Seorang ibu pernah meminta
Gandhi menyuruh putrinya berhenti makan gula. Gandhi menyuruh anak itu datang
lagi dua minggu kemudian. Dua minggu kemudian sang ibu membawa putranya ke
depan Gandhi. Gandhi berkata kepada anak itu, “Berhentilah makan gula.” Dengan
keheranan perempuan itu menjawab, “Terima kasih, tapi saya harus bertanya
mengapa Anda tidak memberitahunya dua minggu yang lalu.” Gandhi menjawab, “Dua
minggu lalu saya masih makan gula.” (???)
7. Kadang-kadang cahaya kita
mati, tetapi dinyalakan lagi oleh seorang manusia lain. Kita semua berutang
terima kasih yang paling dalam kepada mereka yang telah menyalakan lagi cahaya
ini. (Albert Schweitzer)
8. Arah yang diberikan pendidikan
untuk mengawali hidup seseorang akan menentukan masa depannya. (Plato)
9. Mengajar adalah pilihan
profesi nomor satu karena gurulah yang mengajari siapa pun cara menjadi orang
penting (???)
10. Aku menyentuh masa depan. Aku
mengajar. (Christa McAuliffe)
11. Mengajar bukan profesi;
mengajar adalah kegemaran. (???)
12. Guru bisa memberitahukan.
Guru baik menjelaskan. Guru ulung memeragakan. Guru hebat mengilhami. (William
Arthur Ward)
13. Kebajikan saja takkan cukup
sebagai modal menjadi seorang guru, demikian juga pengetahuan saya. Anugerah
mengajar adalah sebuah bakat yang khas dan melibatkan kebutuhan serta hasrat
dalam diri sang guru sediri. (John Jay Chapman)
14. Orang-orang yang
mempengaruhimu adalah orang-orang yang mempercayaimu. (Harry Drummond)
15. Siapa pun yang berhenti
belajar berarti sudah tua, entah usia dua puluh atau delapan puluh. Siapa pun
yang terus belajar akan tetap muda. Hal paling menyenangkan dalam hidup adalah
membuat pikiranmu tetap muda. (Henry Ford)
16. Aku seorang guru. Guru adalah
seorang yang memimpin. Tidak ada keajaiban di dalam pekerjaanku. Aku tidak
berjalan di atas air, aku tidak membelah lautan. Aku hanya mencintai anak-anak.
(Marva Collin)
17. Kita tak bisa mengajari orang
apapun; kita hanya bisa membantu mereka menemukannya di dalam diri mereka
sendiri. (Clile Galilei)
18. Kau bisa membayar orang untuk
mengajar, tapi kau tidak bisa membayar mereka untuk peduli. (Marva Collin)
19. Jangan beritahu mereka cara
melakukannya, tunjukkan kepada mereka cara melakukannya, dan jangan katakan apa
pun. Jika kau memberitahu mereka, mereka akan melihat bibirmu bergerak. Jika
kau menunjukkan kepada mereka, mereka akan ingin melakukannya sendiri. (Maria
Montessori)
20. Kadang-kadang hati melihat
apa yang tak terlihat oleh mata. (H. Jackson Brown, Jr)
21. Salah satu hal terpenting
yang bisa dilakukan seorang guru adalah mengirim pulang seorang murid di siang
hari dalam keadaan sedikit lebih menyukai dirinya sendiri daripada ketika ia
datang di pagi hari. (Ernest Melby)
22. Hatiku menyanyikan sukacita
pagi hari. Sebuah mukjizat telah terjadi! Cahaya pemahaman telah menyinari
pikiran murid kecilku, dan lihatlah, semua berubah. (Anne Sulivan)
23. Anak-anak adalah sumber alam
kita yang paling berharga. (Herbert Hoover)
24. Jika kau harus berteriak,
lakukanlah untuk membangkitkan semangat seseorang. (???)
25. Mengajarlah seolah-olah kau
sedang mengajar anakmu sendiri. (???)
26. Pengetahuan adalah
mempelajari sesuatu setiap hari. Kebijaksanaan adalah melepaskan sesuatu setiap
hari. (Pepatah Zen)
27. Yang penting bukan bagaimana
caramu hidup, tapi hidup siapa yang kamu ubah dengan hidupmu. (???)
28. Seorang guru yang bisa
membangkitkan perasaan untuk berbuat suatu kebaikan dan menciptakan satu puisi
indah akan menghasilkan lebih banyak daripada seorang guru yang memenuhi
kenangan kita dengan berderet-deret benda nyata, yang digolongkan berdasarkan
nama dan bentuk. (Johann Wolfgang von Goethe)
29. Seorang tuan bisa
memberitahumu apa yang ia harapkan darimu. Tapi seorang guru membangkitkan
pengharapanmu sendiri. (Patricia Neal)
30. Semoga aku bisa cukup peduli,
cukup mencintai, cukup berbagi untuk membiarkan orang lain menjadi apa yang bisa
mereka capai. (John O’Brien)
31. Salah satu keindahan mengajar
adalah tidak ada batasan bagi pertumbuhan seseorang sebagai guru, seperti
halnya kita tak bisa memperkirakan berapa banyak yang bisa dipelajari murid-murid
kita. (Herbert Kohl)
32. Seni mengajar adalah seni
membantu penemuan. (Mark Van Doren)
33. Aku bukan seorang guru tapi
seorang pembangkit. (Robert Frost)
34. Yang hebat di dunia ini
bukanlah tempat di mana kita berada, tetapi arah yag kita tuju. (Oliver Wendeli
Holmes)
35. Pendidikan bukan persiapan
untuk hidup, pendidikan adalah hidup itu sendiri. (John Dewey)
36. Meski hanya sedikit, lakukan
sesuatu untuk mereka yang memerlukan bantuan, sesuatu yang tidak membuatmu
memperoleh bayaran selain kehormatan untuk melakukannya. (Alber Schweitzer)
37. Jangan pernah meragukan
keberhasilan sekelompok kecil orang (guru) yang bertekad mengubah dunia; bahkan
hanya kelompok seperti itulah yang pernah berhasil melakukannya. (Margareth
Mead)
38. Mengajar berarti belajar
lagi. (Oliver Wendel Holmes)
39. Hidup seorang anak seperti
selembar kertas. Setiap orang yang lewar meninggalkan jejak di atasnya.
(Pepatah Cina Kuno)
40. Dalam hidup kita akan terjadi
sebuah pertemuan misterius ketika seseorang mengakui siapa diri kita dan
kemampuan kita, memicu sirkuit potensi tertinggi kita. (Rusty Berkus)
41. Rahasia pendidikan adalah
menghormati sang murid. (Ralph Waldo Emerson)
42. Kebiasaan kita dalam
berpikirlah yang membentuk pola hidup kita. Cara berpikir ini lebih
mempengaruhi kita daripada hubungan persahabatan. Pengaruh teman-teman
kepercayaan kita dalam membentuk hidup kita tidak sebesar pikiran-pikiran yang
kita pendam. (J.W. Teal)
43. Kita tidak selalu bisa membangun
masa depan generasi muda kita, tapi kita bisa membangun generasi muda kita
untuk masa depan. (Franklin D. Roosevelt)
44. Seorang guru berpengaruh
selamanya; dia tidak pernah tahu kapan pengaruhnya berakhir. (Henry Adams)
45. Tujuan pendidikan adalah mempersiapkan
generasi muda untuk mendidik diri mereka sendiri seumur hidup. (Robert Maynard
Hutchins)
46. Pendidikan bukanlah sesuatu
yang diperoleh seseorang, tapi pendidikan adalah sebuah proses seumur hidup.
(Gloria Steinem)
47. Tujuan mengajar seorang anak
adalah untuk membentunya bisa maju tanpa gurunya. (Elbert Hubbard)
48. Murid yang dipersenjatai
dengan informasi akan selalu memenangkan pertempuran. (Meladee McCarty)
49. Ketika seorang murid sudah
siap, sang guru akan datang. (Pepatah Cina)
50. Setiap murid bisa belajar,
hanya saja tidak pada hari yang sama, atau dengan cara yang sama. (George
Evans)
51. Kami memohon kekuatan dan roh
yang Agung memberi kita kesulitan, yang membuat kita kuat. (Doa Suku Indian)
52. Apa yang kita lakukan kepada
anak-anak akan mereka lakukan kepada masyarakat. (Karl Menninger)
53. Setiap orang berbakat di
bidang tertentu. Kita harus menemukan apa bakatnya. (Evelyn Blose Holman)
54. Aku bukan seorang guru, hanya
musafir yang kautanyai arah. Aku menunjuk ke arah depan—ke depan dirimu sendiri
dan ke depan dirimu. (George Bernard Shaw)
55. Apa yang ingin dipelajari
murid sama pentingnya dengan apa yang ingin diajarkan guru. (Lois E. LeBar)
56. Ketika seseorang diajari
sukacita belajar, hal ini menjadi proses seumur hidup yang tak pernah berhenti,
proses yang menciptakan seorang pribadi logis. Inilah tantangan dan sukacita
mengajar. (Marva Collins)
57. Di dalam setiap guru yang
hebat terdapat jiwa seorang guru yang bahkan lebih hebat, menanti
untuk keluar. (???)
58. Bertindaklah seolah apa yang
kaulakukan membuat perbedaan, karena kenyatannya memang begitu. (???)
59. Banyak yang telah kupelajari
dari guru-guruku, lebih banyak dari rekan-rekanku, tapi yang paling banyak
adalah dari murid-muridku. (Talmud)
60. Ajari murid-muridmu menggunakan
bakat apa pun yang mereka miliki; hutan akan sunyi jika yang berkicau hanyalah
burung-burung yang paling merdu kicauannya. (???)
61. Anak-anak: cara yang hebat untuk
mendewasakan orang. (???)
62. Jangan pernah mempunyai
dugaan tentang anak-anak dan jangan pernah mempunyai dugaan untuk mereka.
(George Orwell)
63. Pendidikan yang terbaik
adalah penderitaan. (Benjamin Desraeli)
64. Kita cemas akan menjadi apa
seorang anak nantinya, namun kita lupa bahwa ia sudah menjadi seseorang
sekarang. (Stacia Tausher)
65. Tidak ada profesi yang lebih
mulia dibanding guru. Guru yang hebat adalah artis, tepi medianya bukanlah
kanvas, melainkan jiwa manusia. (???)
66. Pengalaman adalah nama yang
diberikan setiap orang kepada kesalahannya. (Oscar Wilde)
67. Mengajari anak-anak berhitung
memang bagus, tapi yang terbaik adalah mengajari mereka apa yang perlu
diperhitungkan. (Bob Talbert)
68. Jika seorang guru, pengacara,
atau dokter gigi sekaligus melayani dua puluh lima orang di dalam kantornya,
yang semuanya mempunyai kebutuhan yang berbeda dan beberapa tidak mau berada di
sana serta menimbulkan masalah, dan sang dokter, pengacara, atau dokter giri,
tanpa bantuan, harus menangani mereka semua dengan kesempurnaan profesional
selama sepuluh bulan, maka ia mungkin mempunyai sedikit gambaran tentang tugas
seorang guru kelas. (Kathy A. Megyery)
69. Jika kau bisa membaca ini
maka berterimakasihlah kepada guru. (Stiker Bemper)
70. Aku suka mendengarkan. Aku
telah belajar banyak dari mendengarkan dengan cermat yang kebanyakan orang
tidak pernah mendengarkannya. (Ernest Hemingway)
71. Kita menghidupi diri kita
dengan apa yang kita terima, tetapi kita membuat kehidupan dengan apa yang kita
berikan. (Winston Churchill)
72. Cobalah untuk tidak
bersenang-senang… Ini pendidikan! (Charles Schulz)
73. Seorang guru sedang mencoba
menekankan kepada murid-murid kelas satu SD-nya bahwa kemampuan menulis yang
baik sangat penting.”Ingat,” katanya, “ jika kalian tidak belajar membuat tanda
tangan, ketika sudah besar kalian akan harus selalu membayar kontan.” (Bits
& Pieces)
74. Seorang guru menggandeng
tangan, membuka pikiran, menyentuh hati, membentuk masa depan. (???)
75. Bu Moller yang baik, Terima
kasih karena Ibu telah membantu saya ketika saya memerlukannya. Terima kasih
karena Ibu tidak pulang seusai jam pelajaran untuk membantu saya mengerjakan PR
dan proyek saya. Karena Ibu, saya akan melanjutkan ke sekolah menengah. Terima
kasih untuk semua yang Ibu lakukan bagi saya. Terima kasih karena ibu telah
membimbing saya belajar. Satu hal lagi: Ibu adalah guru yang terbaik! Salam,
Andrew
76. Andrew yang baik, Terima
kasih untuk semua yang telah kauberikan kepada Ibu. Kau ada di sana untuk
membiarkan ibu membantumu. Terima kasih karena kau telah mengajari Ibu cara
menjadi seorang guru yang lebih baik. Jika ibu adalah “guru yang terbaik”,
satu-satunya penyebabnya adalah karena kau muridku. Ibu akan selamanya bangga
akan apa yang telah kaucapai. Salam, Ibu Moller.
(Jack Canfield & Mark Victor Hansen. 2004. Chiken Soup for the Teacher’s Soul. Jakarta: Gramedia.)
(Jack Canfield & Mark Victor Hansen. 2004. Chiken Soup for the Teacher’s Soul. Jakarta: Gramedia.)