BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Berbicara tentang materi
PKn, sebenarnya bukanlah hal yang asing
. Makalah ini akan membahas konsep dasar
pengembangan materi
pembelajaran PKn. Ada dua konsep dasar pengembangan yang akan dibahas
dalam makalah ini, ialah pertama, asumsi dasar yang berkaitan dengan hal yang
melandasi pengembangan materi pembelajaran PKn serta beberapa macam pendekatan
yang dapat digunakan untuk mengembangkan materi pembelajaran tersebut. Dan yang
kedua yaitu membahas pendekatan expanding community approach beserta contohnya.
Dua hal ini merupakan konsep dasar pengembangan materi
pembelajaran yang penting untuk dikuasai oleh guru maupun calon guru khususnya
dalam pembelajaran PKn karena merupakan salah satu kompetensi guru profesional,
yakni penguasaan bidang studi. Khusus bagi
calon guru dan guru pemula PKn di SD diharapkan agar sedapat mungkin
memperbanyak latihan dalam mengembangkan
materi pembelajaran. Dengan memahami dan
menguasai materi diharapkan
guru atau calon guru akan terbantu dan tidak mengalami kesulitan lagi dalam mengembangkan materi pembelajaran di kelas. Dengan
demikian, kemampuan dalam membelajarkan
PKn menjadi semakin kaya. Implikasi lebih lanjut, para siswa akan semakin menyenangi belajar PKn karena gurunya memiliki
kemampuan dalam memilih dan mengembangkan
pembelajaran yang menarik dan beragam sesuai dengan kebutuhan para siswa. Dengan kata lain, para siswa pun akan sangat
terbantu dalam proses belajarnya sehingga
guru akan mendapat sambutan yang positif dari para peserta didik. Karena itu, diharapkan
kita dapat mebaca dan mengkaji isi makalah ini dengan seksama.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa asumsi dasar yang melandasi perkembangan materi
pembelajaran PKn?
2.
Apa yang dimaksud Pendekatan Expanding Community
Approach?
C. Tujuan
1.
Mengetahui asumsi dasar yang melandasi perkembangan
materi pembelajaran PKn.
2.
Mengetahui pengertian Pendekatan Expanding Community
Approach.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Asumsi Dasar
Salah satu asumsi
dasar yang melandasi pengembangan materi pembelajaran ini yaitu bahwa materi
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang terdapat dalam kurikulum
atau silabus masih merupakan bahan minimal yang harus dikembangkan oleh guru.
Pengembangan materi pembelajaran tersebut disesuaikan dengan tingkat
pengembangan kognitif dan afektif siswa, maupun umur siswa. Disamping itu juga
harus mengacu pada tingkat kedalaman dan kelulusan materi.
Ada 3 (tiga) macam
pendekatan yang dapat digunakan untuk mengembangkan materi pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Sekolah Dasar, yaitu :
1.
Pendekatan
Expanding Community Approach
2.
Pendekatan
Pembentukan Konsep
3.
Pendekatan Spiral
B.
Pendekatan Expanding Community Approach
Expanding
Community Approach adalah suatu
pendekatan dalam pengembangan materi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang
berorientasi pada tingkat keluasan materi dengan mengacu pada lingkungan
sekitar, yaitu dari lingkungan yang :
1.
Sempit ke yang
luas,
2.
Dari tingkat diri
sendiri kepada tingkat keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara,
3.
Dari materi yang
sederhana kepada materi yang lebih komplek,
4.
Dari materi yang
kongkrit kepada materi yang lebih abstrak.
Contoh :
Pokok Bahasan :
Persatuan
Pengembangan materinya
menjadi :
1.
Persatuan di
tingkat keluarga;
2.
Persatuan di
tingkat sekolah;
3.
Persatuan di
tingkat masyarakat;
4.
Persatuan di
tingkat Kabupaten; tingkat Nasional dan sebagainya.
Pokok bahasan
: Kebersihan
Pengembangan
materinya menjadi :
1.
Kebersihan pada
diri sendiri;
2.
Kebersihan di
tingkat keluarga;
3.
Kebersihan di
tingkat sekolah;
4.
Kebersihan di
masyarakat.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Materi pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang terdapat dalam kurikulum atau silabus
masih merupakan bahan minimal yang harus dikembangkan oleh guru. Pengembangan
materi pembelajaran tersebut disesuaikan dengan tingkat pengembangan kognitif
dan afektif siswa, maupun umur siswa.
Salah satu
pendekatan yang dapat digunakan untuk mengembangkan materi pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Sekolah Dasar adalah Pendekatan Expanding
Community Approach yaitu suatu pendekatan dalam pengembangan materi Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn) yang berorientasi pada tingkat keluasan materi dengan
mengacu pada lingkungan sekitar.
B.
Saran
Asumsi dasar dan pendekatan expanding community approach
merupakan konsep dasar pengembangan materi pembelajaran yang penting untuk
dikuasai oleh guru maupun calon guru khususnya dalam pembelajaran PKn karena
merupakan salah satu kompetensi guru profesional, yakni penguasaan bidang
studi. Karena itu, diharapkan kita dapat memahaminya.
DAFTAR
PUSTAKA
Hasjmy, Maridjo
Abdyul. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan
(PPKn). Pontianak.
Tim Dosen
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Program D-2 PGSD FKIP UNTAN. (2005). Ringkasan Bahan Ajar PPKn. Pontianak.