twitter


BAB I
PENDAHULUAN 
A.      Latar Belakang
Berbicara tentang materi PKn,  sebenarnya bukanlah hal yang asing . Makalah ini akan membahas konsep dasar pengembangan materi pembelajaran PKn. Ada dua konsep dasar pengembangan yang akan dibahas dalam makalah ini, ialah pertama, asumsi dasar yang berkaitan dengan hal yang melandasi pengembangan materi pembelajaran PKn serta beberapa macam pendekatan yang dapat digunakan untuk mengembangkan materi pembelajaran tersebut. Dan yang kedua yaitu membahas pendekatan expanding community approach beserta contohnya.
Dua hal ini merupakan konsep dasar pengembangan materi pembelajaran yang penting untuk dikuasai oleh guru maupun calon guru khususnya dalam pembelajaran PKn karena merupakan salah satu kompetensi guru profesional, yakni penguasaan bidang studi. Khusus bagi calon guru dan guru pemula PKn di SD diharapkan agar sedapat mungkin memperbanyak latihan dalam mengembangkan materi  pembelajaran. Dengan memahami dan menguasai materi  diharapkan guru atau calon guru akan terbantu dan tidak mengalami kesulitan lagi dalam mengembangkan materi pembelajaran di kelas. Dengan demikian, kemampuan dalam membelajarkan PKn menjadi semakin kaya. Implikasi lebih lanjut, para siswa akan semakin menyenangi belajar PKn karena gurunya memiliki kemampuan dalam memilih dan mengembangkan pembelajaran yang menarik dan beragam sesuai dengan kebutuhan para siswa. Dengan kata lain, para siswa pun akan sangat terbantu dalam proses belajarnya sehingga guru akan mendapat sambutan yang positif dari para peserta didik. Karena itu, diharapkan kita dapat mebaca dan mengkaji isi makalah ini dengan seksama.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa asumsi dasar yang melandasi perkembangan materi pembelajaran PKn?
2.      Apa yang dimaksud Pendekatan Expanding Community Approach?
C.  Tujuan
1.      Mengetahui asumsi dasar yang melandasi perkembangan materi pembelajaran PKn.
2.      Mengetahui pengertian Pendekatan Expanding Community Approach.

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Asumsi Dasar
Salah satu asumsi dasar yang melandasi pengembangan materi pembelajaran ini yaitu bahwa materi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang terdapat dalam kurikulum atau silabus masih merupakan bahan minimal yang harus dikembangkan oleh guru. Pengembangan materi pembelajaran tersebut disesuaikan dengan tingkat pengembangan kognitif dan afektif siswa, maupun umur siswa. Disamping itu juga harus mengacu pada tingkat kedalaman dan kelulusan materi.
Ada 3 (tiga) macam pendekatan yang dapat digunakan untuk mengembangkan materi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Sekolah Dasar, yaitu :
1.      Pendekatan Expanding Community Approach
2.      Pendekatan Pembentukan Konsep
3.      Pendekatan Spiral
B.     Pendekatan Expanding Community Approach
Expanding Community Approach adalah suatu pendekatan dalam pengembangan materi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang berorientasi pada tingkat keluasan materi dengan mengacu pada lingkungan sekitar, yaitu dari lingkungan yang :
1.      Sempit ke yang luas,
2.      Dari tingkat diri sendiri kepada tingkat keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara,
3.      Dari materi yang sederhana kepada materi yang lebih komplek,
4.      Dari materi yang kongkrit kepada materi yang lebih abstrak.
Contoh :
Pokok Bahasan : Persatuan
Pengembangan materinya menjadi :
1.      Persatuan di tingkat keluarga;
2.      Persatuan di tingkat sekolah;
3.      Persatuan di tingkat masyarakat;
4.      Persatuan di tingkat Kabupaten; tingkat Nasional dan sebagainya.
 
Pokok bahasan : Kebersihan
Pengembangan materinya menjadi :
1.         Kebersihan pada diri sendiri;
2.         Kebersihan di tingkat keluarga;
3.         Kebersihan di tingkat sekolah;
4.         Kebersihan di masyarakat.

BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Materi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang terdapat dalam kurikulum atau silabus masih merupakan bahan minimal yang harus dikembangkan oleh guru. Pengembangan materi pembelajaran tersebut disesuaikan dengan tingkat pengembangan kognitif dan afektif siswa, maupun umur siswa.
Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengembangkan materi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Sekolah Dasar adalah Pendekatan Expanding Community Approach yaitu suatu pendekatan dalam pengembangan materi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang berorientasi pada tingkat keluasan materi dengan mengacu pada lingkungan sekitar.
B.     Saran
Asumsi dasar dan pendekatan expanding community approach merupakan konsep dasar pengembangan materi pembelajaran yang penting untuk dikuasai oleh guru maupun calon guru khususnya dalam pembelajaran PKn karena merupakan salah satu kompetensi guru profesional, yakni penguasaan bidang studi. Karena itu, diharapkan kita dapat memahaminya.

DAFTAR PUSTAKA
Hasjmy, Maridjo Abdyul. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn). Pontianak.
Tim Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Program D-2 PGSD FKIP UNTAN. (2005). Ringkasan Bahan Ajar PPKn. Pontianak.

0 komentar:

Posting Komentar